Banner

Rabu, 09 April 2014

Install WPS-Office di Linux (Ubuntu 12.04)

Jika anda pengguna Linux atau Ubuntu 12.04 yang dulunya sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office dan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan dengan LibreOffice maupun Open Office , mulai sekarang anda tidak perlu kuatir lagi. Kenapa? mungkin sebelumnya anda sudah pernah mendengar tentang Kingsoft ? Salah salu produk (baca : gratis) yang menyerupai microsoft Office 2003 dan 2007. Nah, Kingsoft versi Linux ini bernama WPS-Office yang 100% menyerupai Microsoft Office 2007 , jadi bagi yang gagal Move On dari Microsoft Office bisa beralih kesini (baca : Produk China Gratis) yang menyedian fitur hampir sama dengan Microsoft Office 2007. Berikut adalah gambaran tampilannya :
WPS Office
Gambar : WPS Office
Nah, bagaimana sangat mirip dengan Microsoft Office 2007 bukan ? untuk menginstallnya cukup mudah , langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload wps-office :
$ http://wdl.cache.ijinshan.com/wps/download/Linux/unstable/wps-office_8.1.0.3724~b1p2_i386.deb
Atau dapat mendownload via terminal
$ wget -c http://wdl.cache.ijinshan.com/wps/download/Linux/unstable/wps-office_8.1.0.3724~b1p2_i386.deb
Setelah selesai mendownload WPS Office, langkah selanjutnya adalah menginstallnya. Ada 2 cara untuk menginstallnya :
  1. Double Klik File .deb , maka ada di alihkan ke Ubuntu Software Center. Kemudian Klik Install , tunggu sampai proses instalasi selesai.
  2. Via terminal , ketikan perintah sebagai berikut :
$ sudo dpkg -i wps-office*
Jika proses Instalasi sudah selesai maka anda perlu menyeting bahasanya terlebih dahulu , karena WPS Office berbasis bahasa Mandarin yang mungkin bagi saya sangat awam sekali. Akan tetapi kita bisa mengubahnya kedalam bahasa Inggris (baca : akan tetapi walapun sudah diganti bahasa Inggris, masih ada sedikit perintah berbahasa Mandarin) , langkah pertama adalah buka terminal kemudian ketikan :
$ cd /opt/kingsoft/wps-office/office6/2052
Kemudian hapus setting bahasa dengan cara berikut ini
$ sudo rm qt.qm wps.qm wpp.qm et.qm
Akhirnya WPS Office sudah terpasang di ubuntu anda, dan anda dapat menggunakannya melalui menu (Baca : di menu tulisannya bukan WPS – Office tetapi Kingsoft). Jika anda merasa postinganya ini berguna silahkan untuk mensharingkan (baca : membagikan ) postingan ini. Terimakasih :D

0 komentar:

Posting Komentar